Motret Panggung Itu (Nggak) Enak

Etika Fotografer di dalam Pit Panggung

Etika dalam melakukan pengambilan gambar atau foto biasanya tak lepas dari attitude seorang fotografer, just be nice pada orang sekitar kita, sebab ini bukan pertunjukan milik kita dan kita sangat beruntung mendapatkan posisi tepat di depan panggung yang kadang didapat secara gratis karena kita miliki ID Pers atau ID All Access.

Yang paling penting adalah penonton. Mereka sudah membayar untuk masuk dan menonton band favorit mereka. Mereka di sana untuk bersenang-senang. Jadi jangan sampai kesenangan mereka terganggu oleh ulah fotografer.Dialog Dini Hari

Rule of thumb: be invisible, always aware of the surrounding, be courteous to audience, fellow photographer and everybody in the pit who is on duty. (asra cantsaynotohope)

Usahakan tidak mengganggu pandangan penonton ke panggung. Jika perlu jongkok, ya jongkok. Jika perlu membungkuk, ya membungkuk. Jika perlu menekuk lutut, ya lututnya ditekuk walau semua ini memerlukan stamina yang berlebih. Tapi itu resiko kerjaan untuk fotografer.

Jika memang harus menghalangi pandangan penonton karena ada suatu moment atau sudut pandang yang harus diambil, usahakan secepat-cepatnya.  Kan tidak perlu sampai bermenit-menit di sudut yang sama.

Selalu cek dan melihat apakah ada fotografer lain yang sedang membidik sebelum kita berlalu-lalang. Jangan merasa pit itu milik kita seorang.

Jika kita ingin pindah lokasi ke kiri – kanan panggung, coba lah tepuk pundak orang di sekitar kita dan bilang ‘permisi’ sehingga kita bisa bergerak berpindah tempat ke area baru untuk mendapatkan angle/sudut yang berbeda. Jika kita berlaku seperti itu, pasti kita dihargai oleh fotografer lain. Tetapi jika kita berlaku main seruduk kiri – kanan dan tanpa basa basi pindah angle dan melakukan ‘blocking’ terhadap angle orang lain hal tersebut tentu saja ‘annoying’ dan mengganggu sekali.

Tidak ada yang melarang fotografer untuk menikmati musik dan band – nya selama bertugas tapi tidak dengan joget-joget, loncat-loncat di dalam pit di depan fotografer lainnya. Tau kan kenapa? Kalau tidak tau jawabannya, jadi penonton aja 🙂

Kalau mau joget-joget, nyanyi-nyanyi dan tetap bisa foto di dalam pit, lakukan di sisi samping kiri/kanan panggung yang tidak menghalangi pandangan siapapun.

Dan terakhir, kita harus menghargai tim keamanan/security di panggung pertunjukan. Jika mereka menyuruh kita untuk tidak mengambil foto, ya sudah berarti waktu memotret kita sudah selesai, tinggal masukan kamera anda pada tas kamera dan enjoy the rest of the show.

If you don’t understand any of these, you don’t belong in the pit

-asra cantsaynotohope-

Nb: Original post by: asra cantsaynotohope